Beberapa Peralatan untuk Mencegah Pencurian Mobil


Tingkat pencurian mobil di Indonesia, khususnya di Jakarta terbilang sangat tinggi. Di ibukota negara ini, diperkirakan setiap harinya terjadi pencurian mobil seharga total 2 miliar rupiah. Nilai ini baru di Jakarta, belum di kota-kota besar lainnya di seluruh penjuru Indonesia. Sebagai pemilik salah satu properti dengan nilai yang cukup tinggi ini, tidakkah kasus seperti ini meresahkan Anda?

Yang perlu diketahui adalah bahwa si pelaku tidak selalu mencurif mobil untuk dijual kembali sebagai satu unit yang utuh, namun juga biasanya mereka mempreteli komponen mobil-mobil yang mereka curi tersebut, kemudian komponen berharga tersebut dijual kembali ke pihak ketiga. Dengan begitu, mobil curian tersebut akan lebih sulit dilacak keberadaannya.

Tidak peduli mobil jenis apa yang Anda miliki, baik itu mobil sedan mewah, atau mobil truk pickup tua, segala jenis mobil tentu berharga untuk pemiliknya, sehingga Anda harus selalu menjaga mobil Anda agar terhindar dari bahaya pencurian mobil. Beberapa peralatan keamanan mobil ini mungkin dapat Anda coba untuk mengamankan mobil Anda!

1. Alarm mobil

Hampir semua orang tentu telah paham dengan dasar-dasar alarm mobil. Alarm yang dipasang di kendaraan bermotor seperti mobil akan aktif dan berbunyi ketika seseorang memecahkan kaca, membuka pintu mobil secara paksa, atau menyalakan kendaraan tanpa mematikan alarm terlebih dahulu. Beberapa alarm dapat dimatikan dengan kode akses tertentu yang hanya diketahui oleh si pemilik kendaraan, dan beberapa alarm lainnya dapat dimatikan dengan sebuah tombol remot.

Salah satu keuntungan alarm mobil adalah tidak memungkinkan si pencuri untuk begitu saja mencuri mobil dengan tenang dan tanpa suara. Jika biasanya pencuri akan berusaha untuk setenang mungkin ketika mencuri, alarm mobil akan mematahkan niat mereka. Alarm mobil yang menyala akan menimbulkan suara bising yang akan terdengar sampai ke dalam rumah Anda atau bahkan ke rumah tetangga di kanan kiri Anda. Jika sudah begitu, akan sulit bagi pencuri untuk membawa kabur mobil Anda begitu saja.

Bayangkan jika mobil Anda tak dilengkapi dengan alarm. Tentu akan sangat mudah bagi pencuri mobil untuk menyelinap masuk ke rumah Anda untuk mencuri kunci mobil, dan membawa pergi mobil Anda. Untuk itu, pastikan Anda memasang alarm untuk mobil kesayangan Anda. Jika suatu hari Anda kehilangan kunci mobil Anda, segera waspadai apakah kunci tersebut memang hilang karena keteledoran Anda, ataukah karena Anda telah diintai. Selalu buat satu kunci duplikat untuk seluruh kendaraan yang Anda miliki. Jadi, jika kunci Anda suatu hari hilang, Anda memiliki kunci cadangan. Anda dapat membuat kunci duplikasi di banyak tukang kunci.

2. Kunci setir

Kunci setir ini berbentuk sebuah tongkat panjang yang dipasang melintang di setir mobil, kemudian menguncinya agar tak dapat digerakkan. Sebuah mobil yang dilengkapi dengan peralatan ini akan menyulitkan pencuri mobil untuk menggunakan setir karena terpasangnya lock bar. Bar ini umumnya terbuat dari logam yang sangat solid dan keras yang membuatnya takkan mudah untuk dipotong begitu saja. Jadi, satu-satunya cara untuk dapat menggunakan setir mobil kembali adalah dengan membuka kunci setir ini terlebih dahulu dengan kunci khususnya tersendiri.

3. Kill switch

Sebuah kill switch bisa digunakan terpisah, ataupun digabung dengan sistem alarm. Ketika seorang pencuri mencoba untuk menyalakan mobil tanpa kunci, perangkat kill switch ini akan memutus aliran bahan bakar atau memutus aliran listrik dari aki. Hal ini akan dapat mencegah siapapun yang mencoba untuk menyalakan mobil dengan paksa untuk dapat menggunakan mobil tersebut.

4. Kunci rem

Untuk dapat mengunci rem, Anda perlu menaruh kunci rem di belakang pedal rem, dan menguncinya. Dengan begitu, si pencuri takkan bisa menggunakan pedal rem tanpa membuka kunci rem tersebut terlebih dahulu. Sama halnya dengan kunci setir, kunci rem juga terbuat dari bahan metal yang solid sehingga takkan dapat dipotong. Kalaupun bisa, pedal rem juga akan terpotong, sehingga secara teoritis, kendaraan tersebut takkan dapat digunakan.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBX5A5624C805197

Arsip Blog

Label

Recent Posts